Penulis / NIM
SUWARNI PODUNGGE / 153409083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Suwarni Podungge. NIM. 153 409 083. 2013. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bernyanyi di TK Kartika Kecamatan Bolango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. S1. Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hi. Rusdin Djibu, M.Pd, Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: “Apakah metode bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak di TK Kartika Kecamatan Bolango Timur Kabupaten Bone Bolango?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui metode bernyanyi.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat ditingkatkan melalui metode bernyanyi. Berdasarkan simpulan disarankan beberapa hal: 1) metode bernyanyi hendaknya digunakan dalam pembelajaran, khususnya yang berhubungan dengan peningkatan kecerdasan emosional; 2) perlu pemahaman dan penguasaan guru terkait dengan penggunaan metode bernyanyi sebagai salah satu metode pembelajaran pada anak usia dini; 3) sebagai bahan instrospeksi terhadap aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru.
Download berkas