Penulis / NIM
MEISKE ABDJUL / 153409088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Meiske Abdjul. 2013. Peningkatan Motorik Kasar Melalui Metode Permainan Bernyanyi TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Program S1 PAUD, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan motorik kasar anak di TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui metode permainan bernyanyi di TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini "Jika guru menggunakan metode permainan bernyanyi dalam kegiatan pembelajaran maka kemampuan motorik kasar anak di TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan". Indikator kinerja penelitian yaitu apabila jumlah anak yang memiliki kemampuan motorik kasar dapat meningkat dari 30% menjadi 85% dari keseluruhan anak yang berjumlah 20 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak TK Montessori Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode permainan bernyanyi dimana diperoleh hasil pada siklus I adalah 55% dan penelitian pada siklus II adalah 85%.
Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode permainan Bernyanyi
Download berkas