Penulis / NIM
TETY K. DAMA / 153409093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Tety K. Dama. 2013 Nim 153 409 093. Peranan Guru Dalam Pengenalan Konsep Berhitung Penambahan Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Dra. Hj. Rena L. Madina M.Pd dan bimbingan II, Dra. Syamsiar RivaI M.Pd
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana Peranan Guru Dalam Pengenalan Konsep Berhitung Penambahan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo? Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan Peranan Guru Dalam Pengenalan Konsep Berhitung Penambahan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 4 orang guru, dan seluruh orang anak didik dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Guru Dalam Pengenalan Konsep Berhitung Penambahan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo adalah guru sebagai (1) pengamat, (2) perencanaan pembelajaran (3) fasilitator kegiatan belajar anak, (4) model (memberikan contoh melalui tindakan dan perkataan) bagi anak didik dalam berperilaku, serta konselor bagi masalah pembelajaran komputer kids yang dihadapi anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar pengenalan konsep berhitung penambahan pada anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. memperoleh gambaran bahwa kemampuan mengenal konsep berhitung penambahan pada anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah baik
Kata kunci : Peranan Guru, Pengenalan Konsep Berhitung Penambahan.
Download berkas