Penulis / NIM
EVI KARAMA / 153409097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Evi Karama. 2013. Meningkatkan Kemampuan Memahami Ukuran Panjang Melalui Metode Latihan Pada Anak Kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd. dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah; ”Apakah kemampuan memahami ukuran panjang pada anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode latihan ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami ukuran panjang melalui metode latihan pada anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulotalagi Timur Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan metode latihan maka kemampuan memahami ukuran panjang pada anak kelompok B TK Kartika Kecamatan Bulotalagi Timur Kabupaten Bone Bolango.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat dijelaskan bahwa peningkatan kemampuan memahami ukuran panjang melalui metode latihan pada anak kelompok B ditinjau dari aspek memahami ukuran panjang dengan jengkal dan lidi pada tindakan kelas siklus I yakni terdapat 12 anak (60%) yang mampu. Pada tindakan kelas siklus II kemampuan anak memahami ukuran panjang dengan menggunakan penggaris meningkat menjadi 18 anak (90%) yang mampu. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode latihan kemampuan memahami ukuran panjang pada anak kelompok B di TK Kartika Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci: Ukuran Panjang, Metode Latihan
Download berkas