Penulis / NIM
WARDA HUSAIN / 153409099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah Desa Pilohayanga Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sumber data 3 orang guru dan seluruh anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penelitian dan pembahasan yaitu pada siklus I, ada 13 anak (65%) dari 20 anak yang sudah memiliki keterampilan sosial dibandingkan pada observasi awal hanya 45% anak yang sudah memiliki keterampilan sosial. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 anak (85%) dari 20 anak yang ada pada kelompok B PAUD Nurhidayatullah kecamatan Telaga.
Berdasarkan pelaksanaan kedua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran dapat ditingkatkan.
Kata kunci : Keterampilan Sosial, Metode Bermain Peran
Download berkas