Penulis / NIM
ALMA YUSUF / 153409124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Alma Yusuf, NIM. 153 409 124. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Eksperimen. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd. Tahun 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: "Apakah metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui metode eksperimen.
Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini, "jika digunakan metode eksperimen dalam pembelajaran maka keterampilan proses sains pada anak kelompok B TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan. Kabila Kabupaten Bone Bolango" akan meningkat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantuan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menghitung persentase peningkatan keterampilan proses sains sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango maka keterampilan proses sains anak meningkat.
Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen
Download berkas