Penulis / NIM
SUTARTI / 153409130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Sutarti, Meningkatkan kemandirian anak melalui metode pemberian Tugas di TK Satu Atap Rembulan SDN No. 68 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, skripsi jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Nunung S. Djamin.M.Psi. Penelitian ini di latar belakangi oleh kemandirian anak yang belum sesuai harapan artinya bahwa kemandirian anak membutuhkan perhatian dari pihak guru melalui metode yang tepat dalam mengubah perilaku yang tidak sesuai tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemandirian anak kelompok B dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas di TK Rembulan Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian adalah meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B melalui metode pemberian tugas di TK Rembulan Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Dalam penngumpulan data penulis menggunakan observasi, tehnik observasi merupakan langkah awal dalam penelitian di TK Rembulan yang berpusat pada subyek yang di teliti dari hasil kegiatan melalui tehnik observasi yang dilaksanakan 2 siklus di mana setiap siklus kali pertemuan. Penelitian menunjukan untuk siklus I anak yang memiliki kemandirian pada kategori baik berjumlah 13 orang (65%), siklus II berjumlah 17 orang (85%). Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B TK Rembulan Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Sehingga disarankan metode pemberian tugas dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemandirian anak.
Kata Kunci : Kemandirian, Pemberian Tugas.
Download berkas