Penulis / NIM
SRI RAHAYU T. SULEMAN / 153409138
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Sri Rahayu T. Suleman. NIM. 153409138. 2012. Mengembangkan Konsep Sains melalui Metode Eksperimen Bermain Balon Ajaib di PAUD Muara Tenang Kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, pembimbing II: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah metode eksperimen bermain balon ajaib dapat mengembangkan konsep sains pada anak usia dini di PAUD Muara Tenang desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo Utara tahun 2013. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan konsep sains melalui metode eksperimen bermain balon ajaib di PAUD Muara Tenang kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan dan observasi terhadap seluruh kegiatan pembelajaran.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan metode eksperimen bermain balon ajaib maka konsep sains di PAUD Muara Tenang kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo Utara dapat berkembang. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa tingkat rata-rata konsep sains anak hanya sebesar 50% atau 10 dari 20 orang anak yang ada di PAUD Muara Tenang kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten gorontalo utara. Pada siklus I menunjukkan peningkatan konsep sains yakni menjadi 65% atau 13 dari 20 anak di PAUD Muara Tenang kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo Utara. Dalam konteks ini persentase konsep sains anak melalui metode eksperimen mengalami peningkatan menjadi 85% atau 17 dari 20 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa mengembangkan konsep sains melalui metode eksperimen bermain balon ajaib pada 20 anak didik di PAUD Muara Tenang kelompok B desa Posso kecamatan Kwandang kabupaten Gorontalo utara mengalami peningkatan.
Kata kunci: Sains, Metode Eksperimen, Bermain Balon Ajaib.
Download berkas