Penulis / NIM
HADIDJAH SALEHE / 153409139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
PermasalahandalampenelitianiniadalahApakahKecerdasansosialAnakKelompok B KB PaudBundaDesaMebongoKecamatanSumalataKabupatenGorontalo Utara Dapat di kembangkanMelaluiPembelajaranBermainPeran.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untukmengembangkankecerdasansosialanakmelaluibermainperan di kelompok B KB PaudBundaDesaMebongoKecamatanSumalataKabupatenGorontalo Utara Penelitianinidilaksanakan di Kelompok B KB PaudBundaDesaMebongoKecamatanSumalataKabupatenGorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas dengan alat pengumpul data utama adalah observasi untuk mengetahui perkembangan kecerdasansosialanakKelompok B KB PaudBundaDesaMebongoKecamatanSumalataKabupatenGorontalo Utara. bahwa pelaksanaan tindakan kelas untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak melalui bermain peran pada siklus I meningkat menjadi 55% dari 20 anak di kelompok B KB Paud Bunda dapat dikembangkan kecerdasan sosialnya, atau terjadi peningkatan 25% dari observasi awal. Pada tahap siklus II penelitian tindakan yang dilaksanakan meningkat menjadi 95% dari 20 anak di kelompok B atau jumlah peningkatan mencapai 40% dari tahap siklus I. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan tindakan kelas pada anak kelompok B dalam mengembangkan kecerdasan sosialnya telah melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan.Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadapatdisimpulkanbahwamelaluibermainperandapatmengembangkankecerdasansosialanakKelompok B KB PaudBundaDesaMebongoKecamatanSumalataKabupatenGorontalo Utara
Kata Kunci: KecerdasanSosial, BermainPeran
Download berkas