Penulis / NIM
MARISSA HASD DALIAN / 153409143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Marissa Hasd Dalian. 2013. Mengembangkan Kemampuan Sains Sederhana Dengan Metode Eksperimen Pada Kelas B di PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris
PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang akan diteliti “Apakah dengan metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains sederhana pada kelas B di PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan sains sederhana dengan metode eksperimen pada
kelas B di PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo
Utara. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: “Jika guru menggunakan metode
eksperimen dalam pembelajaran maka kemampuan sains sederhana di kelas B PAUD
Lestari Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat
dikembangkan”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen
dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada saat pelaksanaan siklus I
kemampuan anak mengalami peningkatan menjadi 70% (14 orang anak), dan pada
pelaksanaan tindakan siklus II kemampuan sains sederhana anak mengalami
peningkatan yang cukup signifikan sejumlah anak mendapat 90% (18 orang anak).
Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan metode eksperimen dapat mengembangkan
kemampuan sains sederhana pada kelas B di PAUD Lestari Desa Moluo Kecamatan
Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata kunci : Sains sederhana, metode eksperimen.
Download berkas