Penulis / NIM
MARYAM ABDULLAH / 153409144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Maryam Abdullah, 2013. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui media puzzle buatan guru Pada Kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Media Puzzle Buatan Guru Dapat Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui media puzzle buatan guru pada kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas dengan alat pengumpul data utama adalah observasi untuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak melalui media puzzle buatan guru pada kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun rumusan hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Jika Digunakan media puzzle buatan guru maka kemampuan kognitif anak Pada Kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara dapat dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Nusa Indah Desa Buloila Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Media Puzzle
Download berkas