Penulis / NIM
NINING KADIR / 153409145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Nining Kadir.2013.”Peran Guru dalam mengembangkan kemampuan Berbahasa pada Anak kelompok B PAUD Bahari”. Skripsi, Jurusan pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Hj. Ruslin Badu, M.pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai S.Pd, M.Pd
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan berbahasa khususnya menyimak Pada Anak Kelompok B PAUD Bahari dan menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru sebagai informator, peran guru sebagai motifator,peran guru sebagai mediator, peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai demonstrator dalam mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya menyimak.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil wawancara langsung dengan guru sebagai objek penelitian dalam mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya menyimak.
Berdasarkan hasil penelitian dan permasalahan dapat disimpulkan bahwa secara umum guru telah optimal dalam menerapkan perannya sebagai informator, motifator,mediator, fasilitator dan demonstrator. Namun masih terdapat beberapa anak yang belum mampu mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya dalam hal menyimak hal tersebut di sebabkan karena di pengaruhi oleh faktor penyimak,faktor situasi,faktor pembicara.
Kata Kunci : Peran Guru, kemampuan berbahasa, Anak Usia Dini.
Download berkas