Penulis / NIM
SURIYATI R. NGAU / 153409154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
SURIYATI R. NGAU. 2013. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Samsiar RivaI, S. Pd, M. Pd, Pembimbing II, Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis anak kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data atau display data, mengambil kesimpulan, dan verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis anak kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara secara umum belum maksimal yang ditunjukkan dengan peran guru sebagai perancang, guru sebagai pendidik, guru sebagai penggerak, guru sebagai evaluator, guru sebagai motivator,
Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut : 1) Perlu dilakukan pengkajian yang lebih serius bagi guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak, 2) Memasukkan kegiatan jalan-jalan di alam terbuka dalam program sekolah agar anak didik tidak merasa bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran, 3) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan pengembangan Kecerdasan Naturalis anak.
Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Naturalis anak
Download berkas