SKRIPSI

Penulis / NIM
LYDIA UMBOH / 153409163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Lydia Umboh, 2013. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Dapat dikembangkan melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas, dengan observasi menjadi sumber data utama. Hasil pengamatan pada siklus 2 menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berbicara anak secara signifikan. Untuk indikator mampu berbicara dengan kalimat sederhana mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 63,89% dari observasi awal, pada indikator mampu menyebutkan nama panggilan orang lain mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33%, pada indikator mampu menyebutkan 2-3 nama benda mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33% dari observasi awal dan pada indikator mampu mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa dan mengapa mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58, 33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, karena indikator kinerja yang ditetapkan sebesar 80% anak mengalami perkembangan kemampuan berbicara dapat dipenuhi. Kata Kunci: Perkembangan Berbicara, Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011