Penulis / NIM
LYDIA UMBOH / 153409163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Lydia Umboh, 2013. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Dapat dikembangkan melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas, dengan observasi menjadi sumber data utama. Hasil pengamatan pada siklus 2 menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berbicara anak secara signifikan. Untuk indikator mampu berbicara dengan kalimat sederhana mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 63,89% dari observasi awal, pada indikator mampu menyebutkan nama panggilan orang lain mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33%, pada indikator mampu menyebutkan 2-3 nama benda mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33% dari observasi awal dan pada indikator mampu mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa dan mengapa mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58, 33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, karena indikator kinerja yang ditetapkan sebesar 80% anak mengalami perkembangan kemampuan berbicara dapat dipenuhi.
Kata Kunci: Perkembangan Berbicara, Pendekatan Kontekstual
Download berkas