Penulis / NIM
IMELDA MANGOSA / 153409167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Imelda Mangosa. 2013. Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Menjiplak Di Kelompok B Paud Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peranan guru dalam mengembangkan kemampuan menjiplak di kelompok B PAUD Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kemampuan menjiplak di kelompok B PAUD Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelompok B PAUD Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara Sumber data dalam penelitian ini adalah guru. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa peranan guru dalam mengembangkan kemampuan menjiplak di kelompok B PAUD Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara berdasarkan hasil wawancara tergolong cukup optimal.
Kesimpulan dari penelitian dalam mengembangkan kemampuan menjiplak di kelompok B PAUD Cendekia Muda Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara penulis menyimpulkan peranan guru pertama, sebagai pengelola guru membuat dan merumuskan bahan ajar dalam kemampuan menjiplak, guru sebagai fasilitator dalam kegiatan menjiplak, merancang metode pembelajaran menjiplak dan sebagai mediator dalam kemampuan menjiplak. Kedua sebagai pengarah pembelajaran guru memotivasi anak dalam kemampuan menjiplak, guru memberikan penjelasan secara konkrit tentang kemampuan menjiplak, Ketiga sebagai evaluator guru melakukan penilaian dan evaluasi dalam kemampuan menjiplak. Keempat sebagai konselor guru membimbing anak dalam melakukan kemampuan menjiplak
Kata Kunci : Peranan Guru, Kemampuan Menjiplak
Download berkas