Penulis / NIM
SITI LATIFAH ROBANIAH / 153410002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
Siti Latifah Robaniah. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Menulis Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II, Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-Faktor Apakah yang Mempengaruhi Kesulitan Menulis Permulaan Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis permulaan pada anak kelompok B. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo adalah kemampuan motorik halus anak, perilaku anak di dalam kelas, kemampuan persepsi, memori, dan memahami instruksi dari guru, lingkungan atau suasana belajar anak, pemahaman orang tua, serta faktor kondisi anak. Beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh para orang tua, guru dan orang dewasa disekitar anak adalah memberikan contoh, memberikan bimbingan, tidak menekan dan tidak memaksa anak, memberikan kebebasan pada anak untuk mencoret bebas, serta memberikan arahan terhadap perilaku anak.
Untuk itu, diharapkan kepada seluruh pihak agar memperhatikan dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak demi masa depan yang lebih baik, cerdas dan berkualitas.
Kata Kunci: Kesulitan Menulis Permulaan, Anak Kelompok B
Download berkas