Penulis / NIM
SERLIN ENTENGO / 153410003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Entengo. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan kecerdasan Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Surya Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial pada anak kelompok B di TK Surya Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak kelompok B TK Surya kecematan paguyaman kabupaten Boalemo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial pada anak kelompok B Tk Surya kecamatan paguyaman kabupaten Boalemo dilaksanakan melalui tiga peran yakni peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai model dan teladan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendidik di TK Surya dilakukan dengan cara mengidentifikasi anak-anak yang memiliki karakter kecerdasan, menentukan indikator-indikator kecerdasan yang harus dikembangkan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang tepat untuk merangsang kemampuan anak yang berhubungan dengan karakter kecerdasan. Peran guru sebagai pembimbing di Tk Surya desa wonggahu kecamatan paguyaman kabupaten Boalemo dilakukan dengan cara memberikan bimbingan pada anak yang sulit berkumunikasi disaat memimpin teman-temannya, melaksanakan bimbingan kepada anak dengan membuat perencanaan program bimbingan serta terus berusaha mencari solusi pemecahan masalah yang berhubungan dengan kepimpinan anak. Peran guru sebagai model dan teladan yang diterapkan di Tk Surya kecamatan paguyaman kabupaten Boalemo yakni memberikan contoh kecerdasan kepada anak, bersikap baik saat menghadapi anak yang kurang memiliki karakter kecerdasan serta mengindentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan anak yang kurang memiliki karakter kecerdasan.
Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasaan sosial.
Download berkas