Penulis / NIM
HADIJAH YUNUS / 153410004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
HADIJAH YUNUS. 2014. Meningkatkan pemahaman terhadap sains sederhana melalui metode eksperimen pada anak kelompok B TK Harmonis Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing.
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut "Bagaimanakah Pelaksanaan Penggunaan Metode Eksperimen dapat meningkatkan pemahaman terhadap sains sederhana pada anak kelompok B TK Harmonis Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango?". Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses siklus, peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat pemahaman anak terhadap sains sederhana.
Subjek penelitian ini adalah anak TK yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata siklus I (26.66%) dari observasi awal, yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 58.33% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.33%) dari observasi awal. Yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk bereksplorasi. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu mereka untuk mengetahui apa saja yang terjadi melalui kegiatan eksperimen dan pemberian tugas. Di samping itu anak pula dirangsang dalam pemahaman sains sederhana yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK.
Dengan melihat hasil capaian penelitian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan metode eksperimen, maka pemahaman terhadap sains sederhana pada anak kelompok B TK Harmonis Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dan dapat diterima".
Kata kunci : sains sederhana, eksperimen.
Download berkas