Penulis / NIM
DEWISANTRI KOBANDAHA / 153410011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Dewisantri Kobandaha, NIM. 153410011. 2015. Pengenalan Konsep Bilangan 1-20 Dengan Permainan Pohon Hitung Pada Anak Kelompok B Di TK Sitti Masita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra, Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan kegiatan pembelajaran, menggunakan pohon hitung belum optimal dilakukan disekolah, Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimanakah pengenalan konsep angka 1-20 pada kelompok B di TK Siti Massita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengenalan pohon hitung pada anak kelompok B di TK Siti Massita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian Pengenalan Konsep Bilangan 1-20 Dengan Permainan Pohon Hitung Pada Anak Kelompok B Di TK Sitti Masita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow meliputi indikator menyebut urutan bilangan, menunjuk benda, membuat urutan bilangan, menghubungkan gambar bilangan dengan benda, membedakan kumpulan benda yang sama, tidak sama, banyak sedikit..
Kesimpulan pengenalan bilangan sudah baik, kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan hitungan bersama-sama menggunakan jari tangan, untuk membantu menggunakan pohon hitung agar anak mudah mengingat, dan anak-anak sangat antusias melakukan kegiatan, sebab media yang digunakan menarik perhatian anak, anak tidak merasa bosan, dan anak-anak diberi kesempatan menunjuk bilangan, anak diberi reword dan motivasi, serta bantuan orang tua dirumah untuk mengulang kembali apa yang diajarkan guru, akan membantu anak.
Download berkas