Penulis / NIM
JANURIA J. PIALAYO / 153410017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Januria J. Pialayo. 2015. Deskripsi Perilaku Kemandirian Anak Kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Atfal Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Samsiah, S.Pd, M.Pd., dan Pembimbing II, Nunung Suryana Jamin S.E, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku kemandirian anak kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Atfal Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemandirian pada anak kelompok B di TK Asyiyah Bustanul Atfal Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa gambaranperilaku kemandirian anak berdasarkan perilaku sehari-hari sudah nampak atau sudah mulai berkembang, hal ini terlihat dari indikator yang telah sesuai, seperti percaya diri dalam bernyanyi di depan kelas dan mampu bekerja sendiri mewarnai gambar yang telah disediakan.Lain halnya dengan bertanggung jawabmembersihkan alat mainnya sendiri, dimana kurangnya perhatian atau pengontrolan dari anak. Sehingga perilaku ini masih memerlukan banyak bimbingan dari semua pihak termasuk orang tua. Meskipun demikian, sudah ada beberapa anak yang mulai peduli dengan membersihkan alat main sendiri sehingga perilaku anak yang tidak bertanggung jawab perlahan-lahan mulai berkurang.
Untuk itu, diharapkan kepada seluruh pihak agar memperhatikan dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak demi masa depan yang lebih baik, cerdas.
Kata Kunci: Perilaku, Kemandirian Anak, Anak Kelompok B
Download berkas