Penulis / NIM
RIYANTI BIYA / 153410019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti Biya. 153 410 019. 2014 Skripsi. Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A di Tk Rini 1 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina M.pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin SE. M.si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A di Tk Rini 1 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A di Tk Rini 1 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, serta teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data adalah guru. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A di Tk Rini 1 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo, yakni guru belum maksimal dalam menjalankan perannya dalam menerapkan pembelajran kooperatif di kelompok A. Dalam hal ini guru menghadapi beberapa kendala dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, karena pada umumnya anak masih bersifat individual.
Kata kunci : Peran Guru, anak
Download berkas