SKRIPSI

Penulis / NIM
CITRA PRATIWI BABAY / 153410022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Citra PratiwiBabay 2014. Analisis PeranGuru Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.Jurusan Pendidikan anak usia dini, Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj Maryam Rahim M.Pd dan Pembimbing II Irvin NovitaArifin, S.Pd,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu masih kurangnya bimbingan dan penerapan karakter pada anak usiadini, karakter dalam penelitian ini dibatasi pada 3 jenis karakter yaitu rasa ingintahu,peduli,dan semangat kebangsaan.Tujuan penelitian ini yakni untuk Menganalisis peran guru dalam mendidik karakter anak usia dini pada kelompok B di TK Negeri Pembina KecamatanSipatana Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,yaitu dalam hal ini peneliti mendeskripsikan peran guru dalam mendidik karakter anak usia dini kelompok B. subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 dan B2 yang masing - masing berjumlah 25 0rang, tehnik pengumpulan data dalam hal ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dimulai denganreduksi data dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian dilakukan secara terus menerus dalam proses pengumpulan data selama penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru dalam mendidik karakter anak usiadini Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dilaksanakan melalui enam peran yakni peran guru sebagai model,peran guru sebagai percontohan selama permainan,peran guru sebagai sistem dukungan,peran guru sebagai penyedia perancah,peran guru sebagaikomunikasi yang efektif, dan peran guru sebagai penangani konflik. Kata kunci :peran guru,karakter anak.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011