Penulis / NIM
STEVI P. GOBEL / 153410023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Stevi Gobel. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dilaksanakan melaui empat peran yakni peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator peran guru sebagai mediator dan peran guru sebagai evaluator.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dilakukan melalui empat peran yakni : peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran gurusebagi mediator, peran guru sebagai evaluator.
Kata Kunci: Guru, kamampuan berhitung
Download berkas