Penulis / NIM
TIRTA WIDYARTI SIMBALA / 153410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Tirta Widyarti Simbala. 2014. Deskripsi Pengenalan lambang bilangan pada anak di kelempok B TK Aba Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dra.Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimanakah Pengenalan lambang bilangan pada anak di kelompok B TK Aba Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengenalan lambang bilangan di kelompok B TK Aba Pone, Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Berdasarkan hasil wawancara dan uraian permasalahan pada pembahasan hasil penelitian, maka dapat ditarik simpulan megenai penelitian ini. TK Kelompok B ABA Pone Kabupaten Gorontalo pengenalan lambang bilangan pada anak sudah hampir sebagaian memahami lambang bilangan baik itu, menyebutkan lambang bilang 1-10, mengunakan lambang bilangan untuk menghitung, dan mencocok bilangan dengan lambang bilangan. anak yang belum bisa tepat memahami lambang bilangan hal ini dipengaruhi oleh kurangya peran guru dan orang tua dalam mengembangkan lambang bilangan.
Selain itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan media dalam menyampaikan lambang bilangan pada anak taman kanak-kanak dibutuhkan benda- atau media yang konkret agar anak bisa memahami dengan jelas mengenai lambang bilangan.
Kata Kunci: Lambang Bilangan
Download berkas