SKRIPSI

Penulis / NIM
TITIN UDJAILI / 153410026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Titin Udjaili. 2014. Peran Guru Dalam Mengenalkan Konsep Warna Sekunder Pada Anak Kelompok B Di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo..pembimbing I Samsiah S.Pd M.Pd dan pembimbing II Meylan saleh S.Pd M.Pd. Masalah dalam penelitian : Bagaimana peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo? Tujuan dalam penelitian ini adalah untk mendeskripsikan peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo dilaksanakan melalui tiga peran yakni peran guru sebagai pengajar,peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai model. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pengajar di lakukan dengan cara mengenalkan konsep warna sekunder pada anak,serta menentukan langkah-langkah persiapan dalam pembelajaran pengenalan warna dan manfaat yang di dapat dari pembelajaran pengenalan warna bagi anak. anak peran guru sebagai pembimbing di TK Teratai dilakukan dengan cara membimbing anak secara berkelanjutan kemudian menjelaskan warna serta bahan-bahannya dan cara pembuatan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak, sabar dalam menghadapi anak yang kesulitan mengenal warna serta menjadi fasilitator yang baik terhadap anak sampai anak mampu melakukan kegiatan mengenal warna dengan baik. Peran guru sebagai model yang diterapkan di TK Teratai yakni memberikan contoh pengenalan warna sekunder yang baik dan cara membuat yang baik pula, memiliki sikap sabar, tidak mudah menyerah dan terus berusaha serta menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Kata kunci : peran guru, warna sekunder
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011