Penulis / NIM
SISKA R. ADAM / 153410032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
Siska R. Adam. 2014. Hubungan Antara Bermain Peran Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Kelompok B TK Negeri PembinaKecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi,Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara bermain peran dengan perkembangan sosial pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain peran dengan perkembangan sosial pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional, adapun populasi penelitian adalah anak kelompok B yang ada di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, bentuk pengambilan sampelnya dilakukan secara random (acak) yang sebanyak 40 anak. Demi pengolahan data maka teknik pengambilan datanya digunakan teknik observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara bermain peran dengan perkembangan sosial pada anak kelompok B yaitu thitung 15,08. dan ttabel 1,697. Kesimpulan dari penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, artinya hipotesis penelitian yakni terdapat hubungan antara bermain peran dengan perkembangan sosial pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Bermain Peran, Perkembangan Sosial
Download berkas