Penulis / NIM
SISKAWATI IBRAHIM / 153410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Siskawati, ibrahim. 2014. Peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada kegiatan menggunting kertas di kelompok B TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada kegitan menggunting kertas di kelompok B TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada kegiatan menggunting kertas sesuai pola di kelompok B TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran guru dalam mengembangkan motorik halus kelompok B TK Surya 1 Tunggulo lebih ditekankan pada peran guru sebagai demonstrator, fasilitator, dan pengajar. Kemampuan guru dalam menjelaskan perannya cukup baik, karena dilihat masih ada guru yang tidak memfasilitator keadaan anak didalam kelas, itupun media yang digunakan masih sangat sederhana yaitu media gunting.
Sedangkan peran guru sebagai demonstrator dan pengajar, guru telah melakukannya dengan baik. Yaitu guru selayaknya berusaha memberikan materi dan memperagakan dengan baik didepan kelas sekaligus memberikan penghargaan agar ada kemauan anak belajar terus dan mudah mengerti apa yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kertas Di Kelompok B TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat dikategorikan sudah cukup baik. Terkait dengan hal tersebut agar disarankan guru dan orang tua harus memfasilitasi kembali anak dengan berbagai media yang ada didalam kelas dan dirumah. Seperti menyediakan berbagai bentuk atau berbagai macam media gunting yang khusus untuk anak didik.
Kata kunci : Peran Guru, motorik halus
Download berkas