Penulis / NIM
FATMAWATY / 153410053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Fatmawaty. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus AnakPada Kegiatan Origami Di Kelompok B TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Unversitas Negeri Gorontalo. PembimbingI Samsiah, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimanakah Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak pada Kegiatan Origami di TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak padakegiatan origami di TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada kegiatan origami di kelompok B TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo dilaksanakan melalui tiga peran yaitu: peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai fasilitator, dan peran guru sebagai pengelola kelas.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pengajar di TK Dharma Wanita dilakukan dengan cara menentukan tema, menentukan model ataubentuk origami yang sesuai dengan tema pada hari itu. Model atau bentuk origami juga harus dimulai dengan bentuk yang tingkat kesulitannya rendah sehingga anak akan lebih mudah mengikuti petunjuk yang diberikan guru selain itu juga guru selalu memberikan perhatian lebih pada anak yang belum mampu melakukan kegiatan origami dengan membantu mereka satu persatu hingga mereka bias menyelesaikannya sendiri. Peran guru sebagai fasilitator di TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo dilakukan dengan cara menyediakan bahan-bahan yang akan digunakan dalam kegiatan origami. Dalam hal ini bahan yang diperlukan adalah kertas origami serta buku panduan tentang model dan langkah-langkah dalam membuat origami yang menarik. Peran guru sebagai pengelola kelas di TK Dharma Wanita Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo dilakukan dengan cara selalu memberikan variasi dalam pemberian tugas. Seperti, memberikan kegiatan origami dalam bentuk kelompok maupun dalam bentuk individu. Hal ini bertujuan agar anak tidak anak merasa bosan selain itu guru selalu menjaga kebersihan kelas supaya anaknya berada diruang kelas dan anak dapat berkonsentrasi dengan kegiatan origami tersebut.
Kata Kunci: PeranGuru, Origami
Download berkas