Penulis / NIM
HADIJAH MAYANG / 153410054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
HADIJAH MAYANG. 2014. Meningkatkan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan Di KB Anak Bertumbuh Cemerlang Desa Bube Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah budi pekerti anak di KB Anak Bertumbuh Cemerlang Desa Bube Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan dengan metode pembiasaan.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan budi pekerti anak.
Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata (26.25%) dari observasi awal. Yakni dari 32.5% pada observasi awal meningkat menjadi 58.75% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.75%) dari observasi awal. Yakni dari 32.5% pada observasi awal meningkat menjadi 81.25% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk mengikuti pembelajaran mengenai budi pekerti. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu anak. Di samping itu anak pula dirangsang dengan metode pembiasaan yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan metode pembiasaan, maka peningkatan budi pekerti di KB Anak Bertumbuh Cemerlang meningkat, dapat diterima".
Kata kunci : Budi pekerti, pembiasaan.
Download berkas