Penulis / NIM
SULASTRI ABOKA / 153410055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Sulastri Aboka. NIM. 153 410 055.2014. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok B di TK Srikandi Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B di TK Srikandi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK Srikandi Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango melalui model pembelajaran kooperatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua tahap dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian diperoleh data pada observasi awal untuk kriteria mampu terdapat 36% atau 9 orang anak, kriteria kurang mampu 12% atau 3 orang anak dan untuk kriteria belum mampu 52% atau 13 orang anak, sedangkan pada siklus I diperoleh data untuk kriteria mampu terdapat 64% atau 16 orang anak, kriteria kurang mampu 12% atau 3 orang anak dan kriteria belum mampu 24% atau 6 orang anak, dan pada siklus II untuk kriteria mampu terdapat 82% atau 21orang anak, kriteria kurang mampu terdapat 16% atau 4 orang anak dan kriteria belum mampu 0%. Dari hasil penelitian pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Srikandi Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas