Penulis / NIM
RAHMA / 153410057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
RAHMA. 2014 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd, dan pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk memberikan gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan dengan menguraikan data yang ditemui di lapangan untuk memberikan gambaran tentang masalah yang akan dibahas dalam penelitian serta dikembangkan berdasarkan teori yang ada. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa masih banyak orang tua yang belum membimbing anak mereka untuk menjadi mandiri. perilaku komunikasi antara orang tua dan anak belum sepenuhnya berjalan secara efektif sehingga anak tidak dapat mencapai kemandirian yang maksimal. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian anak dalam membentuk kemandiriannya sehingga dapat dideskripsikan masih banyak anak kelompok B di TK Ki Hajar Dewantoro masih belum bisa mandiri disebabkan karena orang tua yang kurang bisa memberikan waktu, bimbingan dan perhatian kepada anak di rumah sehingga kemandirian anak tidak berjalan dengan lancar.
Kata kunci: Faktor-Faktor, Kemandirian, Anak
Download berkas