Penulis / NIM
LIDYAWATI HARUN / 153410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Lidyawati Harun. 2014. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik pada kegiatan bercerita kelompok B Di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Samsiah S.Pd,M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dibertujuan untuk peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik pada kegiatan bercerita di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang sistim mengajar guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik khususnya dalam kegiatan bercerita masih kurang optimal, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dimana hasil wawancara dari guru kelas akan dikemukakan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah 9 orang anak usia 5-6 Tahun di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penyebab kegiatan bercerita belum optimal, yaitu: 1) Kurangnya media pembelajaran yang diberikan; 2) Pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi; 3) Sebagian anak belum menguasai pengenalan-pengenalan isi cerita; 4) Tidak ada perhatian orang tua terhadap anak dirumah; 5) Anak masih ada yang datang terlambat di sekolah; 6) Kurangnya pemberian tugas pada anak.
Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik,Keegiatan Bercerita
Download berkas