Penulis / NIM
ZAENAB A. NG. MANO / 153410072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
MANO, ZAENAB A. NG. MANO. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf di TK Tunas Harapan Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si sebagai pembimbing.
Tujuan dari penelitian bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf di TK Tunas Harapan Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan melalui langkah observasi, penyajian data dan kesimpulan
Hasil penelitian yang dilakukan melalui wawancara dengan guru dan orang tua anak menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf adalah kurang optimalnya pemberian pembelajaran mengenal huruf pada anak oleh guru maupun orang tua, faktor lingkungan, maupun faktor ekonomi juga ikut berpengaruh. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua murid dan para pendidik
Berdasarkan keterangan hasil diatas disarankan adanya peningkatan pembelajaran dan perhatian juga interaksi atau komunikasi yang lebih dari orang tua dengan mengarahkan anak dalam belajar mengenal huruf.
Kata kunci : mengenal huruf
Download berkas