Penulis / NIM
INSAN H. GANI / 153410074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
GANI, INSAN. 2014. Meningkatkan pengenalan konsep sains sederhana melalui bermain pasir pada anak kelompok B di TK mutiara laut Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Samsiah,S.Pd, M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing.
Subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata siklus I (26.66%) dari observasi awal, yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 58.33% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.33%) dari observasi awal. Yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk bereksplorasi dengan pasir. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu mereka untuk mengetahui apa saja yang terjadi bila pasir dicampur air atau menimbang barat pasir melalui kegiatan eksperimen dan pemberian tugas. Di samping itu anak pula dirangsang dalam pemahaman konsep sains sederhana yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK.
Dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan bermain pasir, maka pengenalan konsep sains sederhana pada anak kelompok B TK Mutiara Laut Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dan dapat diterima".
Kata kunci : sains sederhana, bermain pasir.
Download berkas