Penulis / NIM
NURBAYA ABUDIN / 153410075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Nurbaya Abudin. 2015. Deskripsi Penerapan Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelompok B TK Kartika XX-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Tim Pembimbing 1 Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran di TK Kartika XX-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan anlisis dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini bahwa Penerapan Kompetensi Guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi professional dalam kegiatan pembelajaran di TK Kartika XX-26 dalam proses pembelajaran dikelas cukup baik. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam pembelajaran guru telah menunjukan kemampuan atau kompetensinya dengan baik artinya guru sudah mampu menerapkan kompetensi secara baik, sehingga penerapan kompetensi guru mempengaruhi perkembangan anak. Dengan demikian, penerapan Kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran perlu diperhatikan dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan dampak yang lebih baik.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, dan Kegiatan Pembelajaran
Download berkas