Penulis / NIM
SELVIANA HASAN / 153410080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Selviana Hasan. 2014. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak Kelompok B di TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PG PAUD, Jurusan PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak Kelompok B di TK Surya 1 Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif di TK surya 1 Tunggulo belum optimal dan perlu ditingkatkan karena alat permainan edukatif yang ada belum memadai, namun guru berusaha memanfaatkan alat permainan edukatif tersebut agar kecerdasan anak berkembang khususnya kecerdasan sosialnya, seperti membimbing dan mengajarkan anak untuk berbagi dan tidak saling berebut mainan dengan teman. Sementara itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belum optimalnya kecerdasan sosial anak di TK Surya 1 Tunggulo sebagai berikut : (1) Fasilitas Alat Permainan Edukatif (APE) khususnya balok belum memadai, (2) Terdapat anak yang belum mampu berbagi dan (3) Orang tua kurang menstimulasi kecerdasan sosial anak di rumah dengan cara mengajarkan anak pentingnya berbagi.
Kata Kunci : Pemanfaatan APE, Kecerdasan Sosial
Download berkas