SKRIPSI

Penulis / NIM
SARIPA SONO / 153410081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Saripa Sono. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Menari Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ade Irma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd, dan pembimbing II, Samsiah, S.Pd, M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menari anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan Studi Dokumen. sumber data adalah guru, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menari anak usia 5-6 tahun di TK Ade Irma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu diantaranya perhatian dan minat anak untuk melakukan kegiatan menari. faktor eksternal: faktor yang membuat anak berminat yang datangnya dari luar individu seperti motivasi dari guru dan orang tua. dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang kemampuan menari anak dapat ditinjau dari anak yang sudah mampu melenggokkan tangan, anak mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari dan mimik pada saat menari. anak yang mampu melenggokkan tangan dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 13 anak atau 65% anak yang sudah mampu melenggokkan tangan saat menari dan 7 orang anak atau 35% anak yang belum mampu melenggokkan tangan pada saat menari. selanjutnya, pada anak yang mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 9 atau 45% anak yang sudah mampu mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari serta masih terdapat 11 atau 55% anak yang belum mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari. serta mimik pada saat menari, dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 12 atau 60% anak yang sudah mampu mengekspresikan wajah atau mimik pada saat menari dan 8 atau 40% anak yang belum mampu mengekspresikan mimik pada saat menari. Kata Kunci : Kemampuan Menari Anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011