Penulis / NIM
ROSDIANA PULUKADANG / 153410082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Rosdiana Pulukadang. 2014. Implementasi Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Paud Anggrek Desa Bululi Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan Pembimbing II Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini implementasi metode bercerita terhadap anak usia 5-6 tahun. Dalam latar belakang peneliti menggambarkan implementasi metode bercerita pada PAUD Anggrek Desa Bululi Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa indikasi yaitu sebagian anak yang belum memperhatikan guru, anak lebih asyik bermain dan berpindah-pindah tempat duduk, anak belum dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, karena guru kurang kreatif dalam penggunaan media dalam pelaksanaan metode bercerita, yakni guru hanya menggunakan media buku cerita bergambar. Sehingga anak kurang tertarik dan cenderung bosan serta kurangnya penggunaan guru dalam bercerita, Sehingga cerita tidak menarik bagi anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Bercerita pada anak usia 5-6 Tahun PAUD Anggrek Desa Bululi Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipakai dengan dilandasi tujuan penelitian yaitu untuk menggambarkan dan memahami secara mendalam tentang bagaimana implementasi metode bercerita pada anak kelompok B PAUD Anggrek Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua maka ditemukan bahwa Dalam proses pembelajaran khususnya kelompok B PAUD Anggrek Desa Bululi kecamatan Asparaga kemampuan guru dalam menerapkan metode bercerita dari proses pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan melalui observasi dan wawancara bahwa guru belum optimal, salah satu faktor adalah pemahaman guru terhadap metode bercerita ini belum bagus, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan guru belum optimal, ini terlihat dalam proses pembelajaran dikelas terlihat anak-anak belum aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi Metode Bercerita Anak
Download berkas