Penulis / NIM
MELLISA MUSTAFA / 153410086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK
Melisa Mustafa, NIM: 153410086. 2016. Deskripsi Pengenalan Urutan Bilangan Pada Anak Kelompok A Di TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II: Samsiah, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengenalan Urutan Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, di dapatkan 23 anak sudah memahami urutan bilangan seperti, menyebut urutan bilangan 1 sampai 10, serta membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda. Anak yang belum dapat menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda hingga 10, di dapati 2 orang anak belum mampu, di sebabkan kurangya media dan peran guru dalam proses pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan media dalam menyampaikan urutan bilangan pada anak kelompok A TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu dibutuhkan alat media belajar anak, apa dapat memahami dengan jelas mengenai urutan bilangan.
Kata Kunci: urutan Bilangan, Anak Kelompok A
Download berkas