Penulis / NIM
SRI RAHAYU DJOHAN / 153410087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sri Rahayu Djohan, NIM. 153410087. 2015. Penerapan permainan Puzzle sebagai media stimulasi pengembangan kognitif anak Kelompok B di TK Siti Massita 1 Desa Passi I Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr, Ruslin Badu, M.Pd, dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Berdasarkan observasi pada anak TK Siti Massita bahwa kegiatan pembelajaran, masih kurang optimal, hal ini disebabkan kurangnya media yang tersedia, dan kurangnya kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran, pembelajaran puzzle jarang digunakan disekolah, hal ini kurangnya perhatian guru, media puzzle memiliki banyak manfaat, salah satunya, mengasa otak anak untuk berpikir, daya ingat dan konsentrasi, dan dapat mengembangkan kognitif anak. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif deskptif, Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah selesai di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan puzzle sebagai media stimulasi pengembangan kognitif anak kelompok B TK Siti Massita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow, sudah cukup baik khususnya dalam mengembangkan kognitif anak, dengan media puzzle anak mampu menyusun, mengenal bentuk dan warna, dapat melatih kesabaran anak serta daya ingat dan konsentrasi anak
Kata Kunci : Permainan Puzzle, kognitif
Download berkas