Penulis / NIM
NOVITA MOKODOMPIT / 153410091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Novita Mokodompit. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan kemampuan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummysalam A.T.A Duludu M.Pd, dan pembimbing II: Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 2 orang guru serta anak didik kelompok B dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen serta arsip-arsip yang mendukung dalam penelitian. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa guru tidak hanya mengajarkan pendidikan karakter kepada anak tetapi pembelajaran sains juga diadakan. Guru tidak hanya menjelaskan konsep sains tetapi mengajak anak juga untuk melakukan kegiatan percobaan sains. Hal ini merupakan salah satu cara guru agar anak lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran sains, guru lebih menekankan pada proses dari pada hasil akhir.
Download berkas