SKRIPSI

Penulis / NIM
RUAIDA ABDULLAH / 153410096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
RUAIDA ABDULLAH. 2014. Meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui model pembelajaran kontekstual pada anak kelompok B di TK Kihajar Dewantoro 10 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dra. Samsiar Rivai,S.Pd, M.Pd dan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd sebagai pembimbing. Rumusan masalah pada penelitian ini, adalah apakah melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro 10 Kota Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk "Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Model Pembelajaran Kontekstual" pada anak di TK Kihajar Dewantoro 10 Kota Gorontalo.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses siklus, peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat pemahaman anak terhadap sains sederhana. Subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata (30%) dari observasi awal. Yakni dari 30% pada observasi awal meningkat menjadi 55% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (45%) dari observasi awal. Yakni dari 30% pada observasi awal meningkat menjadi 85% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk melakukan kegiatan belajar sambil bermain. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu mereka untuk mengenal benda-benda secara langsung. Di samping itu anak pula dirangsang untuk dapat mengidentifikasi benda-benda yang dilihat yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkana dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro 10 Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci : kemampuan kognitif, model pembelajaran kontekstual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011