Penulis / NIM
OLIS PUYO / 153410098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Olis Puyo. 2014. Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Melalui Metode Drill pada anak kelompok B di TK Harapan Kelurahan Tenilo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Dra. Dajani Suleman. M.Hum dan bimbingan II, Dra. Rapi Us. Djuko M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf pada anak kelompok B di TK Harapan Kelurahan Tenilo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui metode drill ? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca huruf pada anak kelompok B di TK Harapan Kelurahan Tenilo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui metode drill.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan jumlah anak sebanyak 20 orang anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kemampuan membaca huruf pada siklus I terdapat 10 anak atau 50% anak yang memperoleh kualifikasi mampu, namun belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yakni 75%. sehingga dilanjutkan pada siklus II, dan menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf pada anak terdapat 15 anak atau 75% anak yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dapat di buktikan bahwa kemampuan membaca huruf pada anak dapat dikembangkan melalui metode drill.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode drill dapat Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf pada anak kelompok B di TK Harapan Kelurahan Tenilo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata kunci : Membaca Huruf, Metode Drill.
Download berkas