Penulis / NIM
NON MONOARFA / 153410100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Non Monoarfa.2014. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Tk Kihajar Dewantoro 3 Kota Gorontalo.Skripsi, Jurusan PG. PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan bercerita dapat ditingkatkan melalui media gambar seri pada anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro 3 Kota Gorontalo.Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui media gambar seri pada anak kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 3 Kota Gorontalo. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan ubjekpenelitian 20 Anak Kelompok B Tk Kihajar Dewantoro 3 Kota Gorontalo.Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah dikenai tindakan selama 2 siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguan media gambar seri oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak bercerita. Sehingga hipotesis dalam penlitian yang berbunyi "jika digunakan media gambar seri, maka kemampuan bercerita pada anak kelompok B TK Kihajar Dewantoro 3 Kota Gorontalo diterima".
Kata Kunci :KemampuanBercerita, Media Gambar Seri
Download berkas