Penulis / NIM
RENDRAWATI PARMAN / 153410104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Rendrawati Parman, 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di TK Aba 1 Huidu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana peran guru dalam mengembangkan motorik kasar anak melempar dan menangkap bola serta berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan, kelompok A di TK Aba 1 Huidu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan motorik kasar anak melempar dan menangkap bola serta berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan kelompok A di TK Aba 1 Huidu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta tekhnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah guru dan orangtua. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru belum maksimal dalam menjalankan peran guru dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A di TK Aba 1 Huidu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo sebab kegiatan yang diberikan guru selalu monoton, disamping itu juga guru menghadapi beberapa kendala yakni masih ada anak yang tidak berani dan tidak mandiri dalam melakukan kegiatan motorik kasar, kekuatan otot-otot tangan serta keseimbangan tubuh anak masih belum baik pada saat melakukan gerakan motorik kasar.
Kata Kunci : Peran Guru, Motorik Kasar Anak
Download berkas