Penulis / NIM
ULFA BAKARI / 153410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Ulfa bakari. 2012 Nim 153 410 110. Peranan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Komputer Kids di TK Ki Hajar Dewantoro 4 kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah Peranan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Komputer Kids di TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo? Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan Peranan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Komputer Kids di TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 3 orang guru, dan seluruh orang anak didik dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Komputer Kids di TK Ki Hajar Dewantoro 4 Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo adalah guru sebagai (1) pengamat, (2) perencanaan pembelajaran (3) fasilitator kegiatan belajar anak, (4) model (memberikan contoh melalui tindakan dan perkataan) bagi anak didik dalam berperilaku, serta konselor bagi masalah pembelajaran komputer kids yang dihadapi anak.
Kata kunci : Peranan Guru, Pembelajaran Komputer Kids
Download berkas