Penulis / NIM
GUSTIANA EKA YUSUF / 153410114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Gustiana Eka Yusuf. 153 410 114 Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Sosial Emosi Anak Usia 3-4 Tahun Di TPA Lab. Kiddie Care Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah kota Gorontalo. SKRIPSI Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Samsiah S.Pd M.Pd , dan Pembimbing 2 Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd , 2017.
Masalah Yang dirumuskan dalam Penelitian ini adalah bagaimana peran pengasuh dalam Mengembangkan Sosial Emosional pada anak usia 3-4 tahun di TPA Lab. Kiddie Care Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah kota Gorontalo.serta Faktor Kesulitan belajar anak dalam mengembangkan Sosial Emosi. Adapun Tujuan dari penelitian ini, Mendeskripskan lebih jauh tentang peran peran pengasuh dalam mengembangkan Sosial Emosi anak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode Postpositivme yaitu penelitian dengan kondisi yang Alamiah, mempelajari setting Alamiah dari subjek mencoba memahaminya. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu; Observasi, wawancara dan Dekumentasi dengan menggunakan instrument dan Format Wawancara instrument telah diuji cobakan dalam penelitian ini.
Metode Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan tahapan dalam penelitian kualitatif, diawali dengan penyusunan rancangan penelitian dengan cara pendekatan deskriptif, kemudian tahap kedua memahami setiap latar penelitian sekaligus mempersiapkan diri menuju tempat penelitian, tahap ketiga mewawancarai setiap objek dan melakukan penafsiran data yang sesuai dengan hasil wawancara tersebut, dan yang terakhir tahap ke empat menyusun laporan yang di ambil berdasarkan hasil observasi, wawancaradan dokumentasi di lapangan, yang kemudian dibahas sebagai dasar untuk merumuskan kesimpulan.
Berdasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan di TPA Lab. Kiddie care Tahun 2016 maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan Sosial Emosi anak di TPA Lab. Kiddie Care Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah kota Gorontalo dapat dicapai jika tiga kompotensi dasar pengasuh yaitu : kecakapan memahami dasar pengasuhan, terampil membimbing dalam melaksanakan pengasuhan dan yang ketiga memiliki kepribadian yang baik.dimiliki oleh setiap pengasuh. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian dimana kemampuan memahami karakteristik anak kemudian mengembangkan faktor yang mempengaruhi perkembangan Sosial emosi Anak asuh selanjutnya melakukan upaya penangananberdasarkan faktor penyebabnya.
Kata Kunci : Peran pengasuh, Sosial Emosi Anak
Download berkas