Penulis / NIM
SILVANA HUSEN AHMAD / 153411001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstrak
ABSTRAK
Silvana Husen Ahmad. Nim. 153411001. 2015. "Deskripsi Tentang Kemandirian Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing 11, Dra. Tuti Wantu, M.Pd. Kons.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Kemandirian Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kemandirian anak pada kelompok A di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskritif. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data di analisis secara kualitatif.
Bedasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kemandirian anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat di lihat dari empat indikator yakni: melakukan sesuatu atas dorongan diri sendiri, melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, mempunyai rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri dan kreatif dan penuh insiatif. Guru dan orang tua mengajarkan anaknya melakukan sesuatu agar anak bisa mandiri.
Dari hasil penelitian yang di lakukan pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo ternyata sebagian besar orang anak, (15 anak atau 53,57%) sudah mampu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, kemandiriannya sudah berkembang, dan (13 orang anak atau 46,42% ) belum mandiri atau belum mampu mengerjakan sesuatu.
Kata kunci: Tentang, Kemandirian, Anak
Download berkas