Penulis / NIM
MAGTARIYANTI HUNOWU / 153411007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Magtariyanti Hunowu. 2015. Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Mengembangkan Moral Pada Anak di Kelompok B Paud Mawar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Moh. Zubaidi, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Mengembangkan Moral Pada Anak Di Kelompok B Paud Mawar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo? Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran kompetensi sosial guru dalam mengembangkan moral pada anak kelompok B Paud Mawar Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Serta teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru dapat dilihat melalui beradaptasi dengan lingkungan dan berkomunikasi secara efektif. Kegiatan guru yang selalu bekerja sama dan selalu berinteraksi dengan guru lainnya. Maka disimpulkan bahwa Kesimpulan dari penelitian ini dimana dengan melihat kegiatan yang dilakukan guru kepada anak lebih terarah dalam meningkatkan moral yang baik.
Kata kunci: Peran Kompetensi Sosial Guru, Moral Anak
Download berkas