SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDIA / 153411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK Andia .2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan pendidikan anak usia dini, FakultasIlmuPendidikan,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Dr. Hj RuslinW.Badu,M.Pd., dan Pembimbing II, Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa deskriftif, dengan wawancara menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data adalah guru, data di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu : faktor yang berasal dari dalam diri individu antara lain Kondisi jasmani (fisik sehat),yaitu anak memiliki kelancaran berbicara Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan anak yang berjumlah 16 orang anak terdapat 50% yang mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks dan 18,7% tidak mampu menjawab pertanyaan dengan baik sedangkan 31,2% kurang mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks (2) Faktor eksternal: faktor eksternal yang terdapat dari luar individu seperti Anak yang memiliki lingkungan yang baik dapat menimbulkan minat berkomunikasi seperti lingkungan masyarakat, lingkungan yang baik dari tetangga maupun dari sekolah. Oleh karena itu lingkungan sangat mempengaruhi kemampuan berbicara anak, maka dari itu orang tua ataupun guru harus melati anak berbicara dengan baik. Berdasarkan hasil yang di lakukan oleh peneliti dengan anak yang berjumlah 16 orang anak terdapat 62,5% anak yang sudah mampu berkomunikasi secara lisan dan 12,5% anak yang tidak mampu berkomunikasi secara lisan sedangkan 12,5% kurang mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan. Kata kunci :kemampuan berbicara anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011